SELAMAT DATANG DI YITITAI NEWS
YITITAI NEWS

FILOSOFI BUDAYA,RAS, DAN BAHASA DAERAH AKAN HANCUR KARENA BANYAKNYA PEMEKARAN DI PAPUA DAN PAPUA BARAT.

Foto//dok Pribadi
Oleh: Gaiyaby Kym
 Setiap manusia memiliki Ras,Budaya,dan Bahasa daerah yang berbeda. Sebagai makluk yang berkemanusiaan pasti ketiga hal diatas ini akan dirawat dari berbagai aspek  kejahatan yang merampas atau merugikan. Pandangan Agama terhadap Ras Budaya Dan Bahasa daerah itu saling berketergantungan tetapi hanya satu yang tidak termasuk yaitu ras,Ras hanya menunjukan suatu identitas diri.

Peran budaya sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena semua kehidupan itu berawal dari kebiasaan yang sudah dipedomankan dalam budaya. Di era globalisasi ini banyak pengaruh yang masuk hingga banyak orang yang menganggap bahwa Budaya itu sudah tidak ada lagi,tetapi faktanya banyak orang yang meninggal karena pengaruhnya dari era globalisasi ini,berarti budaya itu selalu berjalan seiring dengan perkembangan.

Bahasa daerah yang merajai di tanah papua  sekitar 129 lebih bahasa, yang jadi pertanyaan buat seluruh lapisan masyarakat papua dan papua barat, apakah bahasa daerahmu masih ada atau sudah tidak ada lagi? kalau dilihat dengan seiring perkembangan globalisasi ini.

Bahasa daerah merupakan bahasa yang sudah ada dari dulu hingga sekarang ini dan selalu ada sampai kapan pun,kepala suku besar papua dan papua barat pernah mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk pegang prinsip pada Budaya dan Bahasa daerah yang sudah ada sebagai landasan dan hakikat masyarakat asli. Sebagai manusia yang memiliki akal dan pikiran pastinya akan memikirkan hal yang positif tentang budaya dan bahasa yang dimiliki,terutama dalam menyampaikan tutur kata. 

Pada jaman periodik Daerah otonom baru  ini, banyak pengaruh yang masuk dengan tujuan untuk menghancurkan Ras,Budaya,dan Bahasa yang ada di tanah Papua. salah satu pengaruh yang terkelihatan  adalah pemekaran desa,distrik,kabupaten bakhan provinsi,Para Penyelidik Persiapan Kemerdekaan Papua juga bingung karena pemekaaraan ini bukan tindakan lansung dari pusat tidak,melainkan persetujuan dari masyarakat OAP dan oknum –oknum tertentu.

Berarti apa gunanya kita minta merdeka jika tindakan masyarakat seperti itu,karena masyarakat yang meminta Trans migrasi masyarakat luar untuk  datang mengisi tempat kosong yang ada di bumi cendrawasi,ini berarti tindakan yang sangat merugikan bagi OAP,maka itu  mari kita satukan tekad untuk menindas dari berbagai pemekaraan itu.

Hal yang bersangkutan untuk menghancurkan Ras,budaya dan bahasa yang ada di bumi Papua telah hadir di sidang pari purna yang gelar pada hari kamis,24 oktober 2017,yaitu adanya pembentukan DOB(daerah otonomi baru),dan pembagian DOB. 

Berikut ini adalah pembagian DOB di Papua dan Papua Barat yang terdiri dari 33 DOB, DOB papua 21 dan DOB papua barat 9 dan 3 DOB laninnya adalah pemekaraan Provinsi yaitu DOB Papua 2 dan DOB papua barat 1. Berikut adalah 33 DOB yang disepakati dalam sidang paripurna DPR RI,kamis,(24/10/207) yaitu sebagai berikut;
A.     Provinsi Papua
No   Kabupaten lama   Pemekaran baru

1. jayapura                 Gilimenawa
2. Boven diguel          Moyo
3. merauke                  Kota merauke
4. Lanny jaya                  Balin senter
5. Tolikara                          Boboga
6. Lanny jaya                  Puncak trikora
7. Mappi                          Muara diguel
8. Mappi                          Admi korbai
9. Pegunungan bintang  Katangban
10. Jaya wijaya                  Kota lembah baliem
11. Jaya wijaya                  okika
12. Kepulauan yapen waropen Yapen barat utara
13. Kepulauan yapen waropen Yapen timur
14. Biak numfor                 Pulau numfor
15. Yahukimo                    Yalimek
16. Yahukimo                 Yahukimo barat
17. Yahukimo                 Mambera hulu
18. Yahukimo                 Yahukimo barat daya
19. Yahukimo                 Yahukimo timur
20. Yahukimo                Yahukimo utara
21. Waropen                  gondumisisare

B. Provinsi papua barat
No Kabupaten lama         Pemekaran baru

1. Sorong                         Malamoy
2. Sorong                      Maibratsau
3. Raja ampat                 Raja ampat utara
4. Raja ampat                 Raja ampat selatan
5. Teluk bintuni          Maskona
6. Fak fak                          Okas
7. Manokwari                 Kota manokwari
8. Manokwari                 Manokwari barat
9. Sorong selatan        Imeo

C. Pemekaran provinsi papua dan papua barat

No Papua                No Papua barat

1. Papua selatan 1. Papua barat daya
2. Papua tengah

Ini merupakan hasil rapat paripurana.
Hasil dari keputusan sidang paripurna ini,sedang menunggu persetujuan dari pemerintahan setempat,jika pemerintah menyetujui ulasan ini,maka Presiden akan menerbitkan SK. Maka itu sebelum titik akhir kami minta bahwa seluruh para pejabat yang ada di pulau papua terutama pemimpin daerah baik di induk maupun barat,mohon dipertimbangkan karena pemekaran ini akan membuat Filosofi Ras, Budaya dan Bahasa itu akan hilang ,hancurdan satu halnya penduduk dari luar pulau papua akan di Trans migrasi ke papua dan papua barat dan pada akhirnya  pulau papua bukan mutiara hitam lagi tetapi mutiara putih.

Mahasiswa papua

Post a Comment

Previous Post Next Post
TERIMAH KASIH SUDAH MENGUNJUNGI DI YITITAI-NEWS