SELAMAT DATANG DI YITITAI NEWS
YITITAI NEWS

ETIKA dalam PENDIDIKAN dan Lingkungan sekitar


Foto//dok pribadi ( RK )
Oleh: Robby Kym
Etika  adalah sebuah nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral yang juga sebagai penilaian karakter dan pola pikir seseorang,yang melakukan aktivitas fisik dalam individu dengan cara melaksanakan suatu pekerjaan. Pendidikan juga disebut suatu proses dimana terjadinya perkembangan pola pikir secara berurutan,sesuai dengan periodik perkembangan otak yang ada. Lingkungan sekitar menjadi tempat penerapan dimana kita memperoleh sesuatu dan etika menjadi tolak ukur penyesuaikan dengan lingkungan baru yang kita dapat menempati. 

Untuk hidup yang rukun dan damai dalam individu maupun kelompok pentingnya keterlibatan Etika dan pendidikan yang dapat membatasi semua keharifan dalam hidup yang saling berdampingan,jika kita berada dalam tingkat etika dan pendidikan yang cukup maka akan terasa indah. kesabaran terjadi karena adanya Etika atau kesopanan dalam hidup,tentunya didalam Wadah Organisasi juga dapat terjadi sebagai mana kita dapat ketahui yang sering terjadi dan kita bisa di implemintasikan yaitu;
1. Sifat kerapian dan kesopanan 
2. Tepati waktu 
3. Menerima arahan
4. Menerima motivasi 
5. Saling menghargai
6. Saling menghormati
7. Berbincang dengan sopan
8. Setia dan tekun pada tujuan

jika kita memegang prinsip-prinsip dasar organisasi diatas ini maka kita tidak asing bagi banyak  orang dalam hal menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar,etika kita akan terwujud bila kita serius. 

Ada kalanya jika pendidikan kita tidak menempuh dengan baik,namun sebaliknya penerapan etika pun akan tersulit untuk menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya karena mentalnya belum matang. mengapa mentalnya belum matang...? nah hal ini akan terjadi jika kita tidak relavan terhadap perkembangan yang terjadi pada diri kita.

pendidikan sangat dibutukan dalam pemahaman tentang  beretika dengan baik untuk menuju pada lingkungan untuk menerapkan,pendidikan menjadi pokok dalam pembentukan mental dan spritual kita dalam menentukan pola hidup yang baik.

Mahasiswa Papua, Kuliah di STIE Port Numbay

Post a Comment

Previous Post Next Post
TERIMAH KASIH SUDAH MENGUNJUNGI DI YITITAI-NEWS