SELAMAT DATANG DI YITITAI NEWS
YITITAI NEWS

Ini Kata Rektor IKIP ke-8 kepada Mahasiswa Papua Pada Saat kegiatan LKMM

Suasana sebelum mulai kegiatan ,latihan ketrampilan manajeman mahasiswa (LKMM )--foto dok YN ,Ist

Tondano,( YN )--- Universitas negeri manado menggelar kegiatan latihan ketrampilan manajemen mahasiswa,yang dilaksanakan  melalui bidang kemahasiwaan PR 3,di gedung rektorat Unima Lantai 3 pada hari jumat, tanggal,12/07/2029).

Dalam kegiatan ini nara sumbernya disampaikan oleh,Prof DR H.L.L.Lombok, SH,MSi sebagai Rektor IKIP Manado terakhir dan Rektor pertama Universitas Negeri Manado,pada tanggal 14 oktober 2000 lalu.

Kami sebagai mahasiswa papua yang sedang menimba ilmu di Universitas negeri manado,sangat bangga dengan sebuah  kalimat yang diucapkan oleh nara sumber di sela-sela kegiatan. Saat menjelaskan topik materi tentang cara berbicara yang efektif,pada point cara berbicara bahasa indonesia yang baku . 

Saat itu Prof pengeluarkan sebuah kalimat  slogan yang terharu bahwa " Mahasiswa papua yang baru masuk akan mendapatkan nilai yang kurang bagus ,tetapi kalau sudah satu tahun akan mendapatkan nilai yang bagus " Itu terjadi karena apa..? Slogan ini lansung  bertanya kepada mahasiswa papua yang ada. Ada yang jawab Kurangnya Belajar dan ada pula yang menjawab kurangnya fokus maka nilainya kurang baik. Hal ini disalahkan dan  Prof membenarkan bahwa Salahnya adalah dosen karena mereka mengajar menggunakan bahasa yang tidak baku yaitu logat manado.

Tambahnya' saya pernah ke papua dan ,disana mereka itu menggunakan bahasa indonesia yang baku tetapi kalau mereka tiba disini untuk menempuh perguruan tinggi mereka susah untuk menyesuaikan karena kurang tau logat manado akhirnya pada semester awal selalu dapat nilai yang kurang baik. Ini adalah fakta.

Hal ini,kami membenarkan karena melihat dengan pelangalaman yang  pernah terjadi yaitu membuat adu argumen dengan dosen hanya kerena logatnya pada saat mengajar. Bukan hanya saya tetapi ada teman teman dari luar manado juga pernah berargumen dengan dosen hanya karena ini.

Untuk itu sesuai dengan kesimpulan yang disampaikan oleh moderator setelah akhir dari materi itu,bahwa kami menerima rekomendasi dari mantan rektor bahwa pentingnya menggunakan bahasa indonesia yang  baku, untuk itu kami akan teruskan keseluruh lingkungan kampus Unima. Maka itu kami sangat apresiasi dan mengucapkan terimah kasih kepada pihak kampus yang bisa tebus rekomendasinya. 

Peliput  : Mahasiswa Papua kuliah di,UNIMA
Admin//Y N



Post a Comment

Previous Post Next Post
TERIMAH KASIH SUDAH MENGUNJUNGI DI YITITAI-NEWS