SELAMAT DATANG DI YITITAI NEWS
YITITAI NEWS

Penggunaan kata Aku dan Saya,Mana yang Cocok Untukmu

foto dok//sumber internet ) Ist

Aku adalah sebuah ulasan kata yang disampaikan oleh seseorang yang menunjukan diri sendiri,atau pribadi. Sama halnya juga dengan kata saya.  Namun ada perbedaan dalam penggunaan bahasanya yang berkonten dan mengarah pada penunjukan karakter  dan sifat yang tertera pada tingkat golongan menengah dan kebangsaan.

Bapak. Prof DR H.L.L.Lombok, SH,MSi,mengatakan kata aku dan saya memiliki ungkapan yang berbeda dalam menggunakan sebagai bahasa sehari-hari. Kalau kita menggunakan bahasa dengan kata,aku itu tidak cocok buat golongan tinggkat menengah karena,model bahasa seperti ini mengarah pada kata yang bersifat kesombongan. Coba kita bayangkan dengan dan perlu mendalami dan kita akan menyadari.

Sedangkan kata saya ini,cocok digunakan untuk golongan menengah dan bawah,karena gaya bahasanya tidak menunjukan kesombongan  melainkan katanya sopan dan teratur yang menunjukan dengan keadaan dan kondisi yang dimilikinya Contohnya,saya punya sesuatu untuk kamu yang selalu membuat saya bahagia. Kalimat majas ini jika kita digantikan dengan kata aku,untuk mendengar rasanya tidak enak. Sebab itu kami selalu cenderung dengan penggunaan kata yang tidak teratur membuat kami tidak menyatu dengan kondisi yang ada.

Hal ini menjadi bahan pertimbangan untuk kita yang selalu saja menggunakan kata yang tidak majas,lasimnya hanya mengucapkan tanpa mengetahui makna dari penggunaan kata aku,dan saya. Jika  kita mempelajarinya lebih dalam kita akan menyadari efek penggunaannya begini,dan tentunya kita sebagai manusia yang punya akal,dan pemikiran pentingnya mengintropeksi diri dalam penggunaan kata karna,ucapan dan bahasa kita bisa mengubah dunia.

Yang jelasnya setiap ungkapan kata aku dan saya,harus memperhatikan posisi saya saat ini apa,dan tergolong dalam kategori apa apakah tinggat,atas,menengah atau bawah. Jika anda tergolong dalam tinggat golongan atas boleh saja menggunakan kata aku,yang menunjukan status anda,yang sifatnya kesombongan dengan harta dan benda yang anda miliki yang begitu super mewah. Namun tidak elok menggunakan kata aku jika anda yang berada dalam kategori menengah,dan bawah.

Inti dari dua kata diatas ini adalah kita harus melihat dengan kondisi kita dan tergolong dalam tingkat apa,ini menjadi refleksi diri kita sendiri dalam penggunaan kata sehari-hari menggunakan kata aku,dan saya. Karena setiap ungkapan yang kita keluarkan bisa mengubah keadaan kita dimana kita bercicara dan dimana kita mengeluarkan sepata kata. Sebabnya Setiap uanggapan kita akan membunuh perasaan orang lain dan  harga diri kita sendiri akan jatuh.

..............................................................Semoga bermamfaat..........................................................

Post a Comment

Previous Post Next Post
TERIMAH KASIH SUDAH MENGUNJUNGI DI YITITAI-NEWS